Berita TerbaruNasionalPeristiwaRagamRedaksi

Akp Cahyadi Hadiri PKM 1 Dalam Rangka LARP Rencana Pembangunan Intake Dan Transmisi Penyediaan Air Baku Sistem Lau Simeme

Biru – Biru Badainews.com- Kapolsek Biru – Biru pada Rabu (02/02/2022) sekitar pukul 10.00 Wib menghadiri pertemuan konsultasi Masyarakat (PKM) 1 dalam rangka studi Land Acquisition And Resetlement Pleng (LARP) rencana pembangunan Inteke dan transmisi air baku sistem Lau Simeme bertempat di Balai Desa Tanjung Sena Kecamatan Biru – Biru Kabupaten Deli Serdang.

Kegiatan yang dimulai pukul 10.00 Wib tersebut dibuka oleh protokol dan juga kata sambutan Dari Camat Biru – Biru Dhani Mulyawan S Sos. Camat dalam kata sambutannya mengaharapkan agar pekerjaan proyek pembangunan air bersih masyarakat yang terdampak tidak ada yang dirugikan dan tepat sasaran.

Agar tidak menimbulkan permasalahan dikemudian hari, sebab permasalahan di masyarakat banyak terjadi akibat lahan. Sebab banyak lahan masyarakat yang sudah terkikis arus sungai.

Sedangkan Sekdakab Deli Serdang Darwin Zein dalam kata sambutannya berharap, agar kepada pihak BWS atau pun pihak yang terkait atau terlibat dalam pembangunan air bersih di bendungan Lau Simeme agar mensosialisasikan dengan jelas kepada Masyarakat.

Dampak dan tujuan dari dilaksanakannya pembangunan air bersih di Kecamatan Biru – Biru. Sehingga Masyarakat yang lahannya terkena dampaknya bisa mengerti dan mendapat ganti untung, sehingga tidak ditemukan permasalahan dalam proses pembangunan pekerjaan pengadaan air bersih tersebut.

Penjelasan teknis dari RWS air baku Lau Simeme menuturkan dalam rencana pembangunan intek mempunyai beberapa tahapan yaitu :

– Persiapan.

-Pelaksanaan.

– Pemeliharaan Hasil.

Dimana lokasi luas lahan dalam pembangunan tersebut yang akan terdampak yakni berkisar 3.8 Hektar. Dengan panjang 9,5 Km dan lebar 4 M, serta luas intek yang akan dipergunakan seluas 0,5 Hektar.

Paparan kegiatan pihak konsultan yaitu menjelaskan beberapa tahapan proses yang akan dilakukan yaitu, melaksanakan musyawarah dengan perangkat Desa atau sosialisasi terhadap pemilik lahan yang terdampak.

Menghitung jumlah keluarga yang terdampak di setiap Desa, yang terkena proses pembangunan air bersih dengan pengukuran lahan masyarakat yang terdampak. Survei sosial ekonomi yang tujuannya meminimalisir dampak negatif bagi masyarakat sehingga membuat kajian ekonomi sosial.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain :

– Sekda Kabupaten Deli Serdang Darwin Zein.

– Camat Biru – Biru Dhani Mulyawan S Sos.

– Kapolsek Biru – Biru Akp Cahyadi.

– Danramil 04 Biru – Biru diwakili oleh Peltu S Saragih.

– Tim RWS ABD, Tim BWS Sumatera II, Tim DED RWS, Tim LARAP.

– Seluruh Kades se Kecamatan Biru – Biru.

– Kasie Trantip Biru – Biru Masa Barus.

– Masyarakat.

Acara tersebut dapat berjalan lancar dan tetap mengutamakan protokol kesehatan sesuai anjuran Pemerintah. (MC.Badai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *