Berita TerbaruDaerahNasionalRedaksi

Lapas Klas 2 A Binjai Over Kapasitas, Siaga Mengantisipasi Gangguan Keamanan Dan Ketertiban (Kamtib) Dilingkungan Lembaga Pemasyarakatan, Dan Siap Berkolaborasi Dengan Kodim 0203 Langkat / Raider 100 Mobile Udara.

SUMUT || Badainews.com – Lapas Klas 2 A Binjai siap siaga untuk mengantisipasi gangguan Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) di lingkungan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas 2A Binjai, Petugas Lapas Berkolaborasi dengan Personil Kodim 02/03 Langkat/ Raider Mobile Udara lakukan Perawatan Senjata Api, Kamis (27/01/2022).

Dimana, seluruh Senjata Api berjenis laras pendek dan laras panjang yang ada, di bersihkan menggunakan minyak mesin khusus sembari menggosoknya dengan sikat gigi untuk mencegah terjadinya karat pada senjata.

Kepala Lapas Klas 2A Binjai, Maju A. Siburian, Melalui Kepala Seksi Keamanan Dan Ketertiban, Evan Yudha Putra Sembiring, Amd. iP, SH.MH didampingi Kepala Pengamanan Lapas, Rinaldo A.Tarigan, Amd. IP, SH. MH. mengatakan, jika kegiatan membersihkan Senjata Api ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan dalam kurun waktu 3 bulan sekali.

“ Jadi hari ini, kita berkolaborasi dengan TNI dalam upaya melakukan perawatan senjata api yang kita miliki. Dimana, senjata ini merupakan alat pengamanan terpenting untuk mengantisipasi jika terjadi gangguan keamanan dan ketertiban (Kamtib) di dalam Lapas,” jelas Evan.

“ Sementara itu, over kapasitas yang terjadi di Lapas Klas 2A Binjai saat ini, membuat tingkat kerusuhan rentan terjadi di dalam lingkungan lapas. Dimana, saat ini Lapas Binjai sendiri di huni lebih dari 1000 Warga Binaan yang semestinya hanya berkapasitas 858 Orang.

“ Selanjutnya, upaya pencegahan seperti monitoring dan deteksi dini guna mengantisipasi terjadinya gangguan Kamtib pun terus dilakukan oleh petugas.

“ Saat ini, Lapas Klas 2 A Binjai sendiri mengalami Over Kapasitas lebih dari 60 Persen. untuk itu, kita selalu melakukan upaya pencegahan terjadinya gangguan keamanan dengan cara monitoring dan deteksi dini,” Ujarnya Evan Mengakhiri.
(W Badai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *