Berita TerbaruNasionalPeristiwaRagamRedaksi

Perdana Diselaraskan Dan Dimainkan, Gamelan Museum Airlangga Kota Kediri Mengeluarkan Bau Wangi

Kediri Badainews.com- Alat musik Gamelan di museum Airlangga Kota Kediri, sejak pengadaan pertama kali baru dimainkan oleh seniman FKBN Kediri Raya pada Kamis, 24 Maret 2022.

Dipimpin dan dilatih Penabuh Gamelan ternama Pono asal Desa Burengan purna karyawan Rumah sakit di Kota Kediri, apa adanya gamelan di Museum dibenahi, diperbaiki semaksimal mungkin hingga bisa dimainkan 15 seniman FKBN Kediri Raya dengan nada indah.

Zachrie Ahmad selaku Kepala Disbudparpora Kota Kediri mengijinkan alat musik gamelan yang ada di gedung pertemuan area Museum Airlangga dimainkan seniman FKBN Kediri Raya untuk latihan dan uri uri Budaya Jawa.

” Silahkan dipakai dan saling menjaga apalagi terhadap barang barang museum. Semoga wujud uri uri budaya bergema di museum Airlangga dengan lantunan nada gamelan dan suara tembangan Jawanya.” tegas Zachrie Ahmad selaku Kepala Disbudparpora Kota Kediri.

Akhir Kristiono Amd. SH.selaku Kepala FKBN Kediri Raya menyampaikan terima kasih kepada Disbudparpora Kota Kediri dengan memberi kesempatan memainkan gamelan di museum Airlangga Kota Kediri.

“Saya berpesan kepada barisan seniman FKBN Kediri Raya pimpinan Pono, jangan mengambil dan merusak barang di museum.
Selalu jaga kebersihan dan saling merawat kondisi museum. Berharap bila ada teguran mohon disampaikan supaya kami akan segera memperbaiki apa yang dirasa kurang pas dan kurang benar.” tegas Akhir Kristiono Amd. SH.

Pono selaku Koordinator Seniman gamelan FKBN Kediri Raya mengatakan apa adanya alat gamelan di museum masih bisa dimainkan.

“Awali bermain kami selaraskan dan perbaiki dulu alatnya. Meskipun banyak yang kurang dan tidak komplit, masih bisa dimainkan dan masih bernada bagus. Rencana sebulan dua kali, seniman FKBN akan berkumpul dan berkomitmen berlatih bersama.” jelas Pono. (MC.Badai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *