Berita TerbaruNasionalPeristiwaRagamRedaksi

Pria Asal Lamongan Berhasil Ciptakan Pesawat Jenis STOL, Berikut Penampakannya

Lamongan- Heri Santoso asal Desa Sumberagung, Kecamatan Modo, Lamongan, Jawa Timur, berhasil membuat pesawat jenis Short Take-Off and Landing (STOL).

Pesawat yang semula dirancang dan dirampungkan di Jawa Barat itu sudah dibawa pulang ke kampung halamannya, Kecamatan Modo.

Laki-laki yang hanya lulusan STM Babat ini mengatakan seluruh proses pembuatan pesawat, mulai dari desain hingga pengerjaan dilakukan Heri seorang diri. Sedangkan untuk bahan, hampir semuanya didatangkan dari luar negeri.

Heri membawa pulang pesawatnya dengan diangkut menggunakan truk. Bagian-bagian pesawat seperti sayap, baling-baling hingga roda dilepas agar lebih mudah untuk diangkut ke truk.

“Pesawat ini tiba di sini (Lamongan, red) hari Minggu kemarin,” kata Heri, saat ditemui di rumahnya, Rabu (15/12/2021).

Ternyata, Heri sebelumnya sudah pernah membuat 2 unit pesawat terbang dengan jenis yang sama. Dan dua pesawat yang dibuat Heri sudah laku terjual, dibeli oleh Pemerintah Republik Ceko.

Untuk pesawat ketiga yang dibawa pulang ke Lamongan ini, karena ingin menunjukkan kepada orang tuanya sekaligus agar bisa diresmikan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) dari di tanah kelahirannya, di Desa Sumberagung. (R.Badai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *