Berita TerbaruNasionalPeristiwaPolitikRagamRedaksi

Ketua FWBS Darmayanto Ingatkan Anggota Tetap Berpegang Teguh Kode Etik Jurnalistik

Bukit Batu- Ketua Forum Wartawan Bukit Batu Siak Kecil dan Bandar Laksamana (FWBS) Darmayanto mengungkapkan Dalam bidang jurnalistik, kode etik sangat diperlukan karena adanya tuntutan yang sangat asasi, yaitu kebebasan pers.

Akan tetapi, terkadang wartawan kerap cenderung lupa atau sengaja melupakan hak orang lain sehingga dapat merugikan profesinya.

Hal ini disampaikan Darmayanto kepada anggotanya saat rapat tahunan organisasi di Kantor FWBS di Jalan Sudirman, Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis, Jum’at (17/12/2021).

Dikatakan Darmayanto, kode etik merupakan panduan etika kerja sekaligus panduan moral yang disusun dan ditetapkan oleh organisasi profesi. Sebagian orang menyamakan kode etik dengan kode kehormatan, deklarasi hak-hak dan kewajiban, prinsip-prinsip atau standar profesi.

“Bercermin pada peristiwa sebelumnya, masih banyak wartawan yang berbenturan dengan hukum, dikarenakan melanggar Undang Undang ITE. Saya hara anggota sangat mengerti dalam hal ini dan perlu diingatkan kembali,”ujarnya.

Selain itu, Darmayanto juga menyampaikan guna menghindari pelanggaran pelanggaran dalam menyiarkan berita, tetaplah berpegang teguh pada kode etik jurnalistik.

“Masyarakat sangat butuh pencerahan dan informasi yang akurat, untuk itu mari kita bersama sama saling mengingatkan. Dan saling menjaga organisasi FWBS ini dengan sebaik baiknya.” Pintanya.

Sementara itu, salah satu pendiri FWBS Erwin Syahputra juga mengingatkan dalam penulisan berita haruslah berimbang dan sesuai dengan fakta dilapangan.

“Tulisan yang dimuat dimedia harus sesuai dengan konfirmasi dan tetap berimbang dan sesuai data,”tutupnya. (MC.Badai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *