Berita TerbaruNasionalPeristiwaRagamRedaksi

Masyarakat Pulo Ara Geudong Teungoh Besok Hari Minggu Tanggal 21/11/2021 Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1443 H

Bireuen- Masyarakat Pulo Ara Geudong Teungoh Kecamatan Kota Juang kabupaten Bireuen menggelar kenduri dalam rangka memperingati hari lahir Nabi Besar Muhammad SAW di Komplek Meunasah Minggu, 21 November 2021 besok.

Prosesi pelaksanaan acara maulid yang dilaksanakan Minggu besok ternyata bersamaan dengan pagelaran Maulid di Gampong Geudong-Geudong dan Maunasah Kota Bireuen, namun hal itu tidak masalah sebab jika masyarakat di wilayah Kota Bireuen datang untuk nikmati khenduri Maulid kemana yang dekat.

Pak Keuchik Pulo Ara Geudong Teungoh, H Ridwan Aziz,SH mengatakan, tradisi memperingati maulid sudah dilaksanakan sejak lama dan merupakan penginggalan “ Endatu “ ( Nenek moyang ) yang merupakan tradisi turun temurun yang perlu dilestarikan dan dikembangkan.
“ Memperingati hari lahir Nabi Muhammad SAW atau maulid adalah bentuk syukur kita terhadap lahirnya Rasulullah karena nikmat terbesar di dunia ini adalah lahirnya Nabi akhir zaman,” jelasnya seraya mengatakan Nabi Muhammad lahir menjadi rahmatan lil’alamin dan kita adalah ummat terbaik di antara ummat Nabi-nabi sebelum Nabi Muhammad.

“Kita ummat terbaik di antara ummat Nabi-nabi yang di utus sebelumnya, dan bahkan ada Nabi yang meminta kepada Allah untuk dilahirkan sebagai ummat dari Nabi Muhammad,” terangnya.
Selain itu kata Keuchik Ridwan, untuk memeriahkan Maulid diwarnai dengan pelaksanaan MTQ Santri antar balai pengajian yang ada di Pulo Ara Geudong Teungoh yang tengah berlangsung.

Disebutkan, pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Antar Santri Balai Pengajian di Dusun dalam Gampong (Desa-red) Pulo Ara Geudong Teungoh, Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen terlaksana atas kerjasama yang baik dan terpadu masyarakat Pulo ara Geudong teungoh.

Pelaksanaan rutinitas setiap tahunnya MTQ antar santri diikuti 7 Balai Pengajian yang ada di empat dusun dalam Gampong Pulo Ara Geudong Teungoh yaitu Dusun Damai, Dusun Sejahtera, Dusun Bahagia dan Dusun Geudong Teungoh.

Pak Keuchik Ridwan Aziz,SH menjelaskan bahwa prosesi penyelenggaraan MTQ bertujuan untuk melahirkan generasi Gampong Pulo Ara Geudong Teungoh sejak dini menjadi generasi yang Qur’ani sekaligus menjadi generasi yang berakhlaqul karimah sekaligus melatih mental generasi penerus dan pewaris bangsa sejak dini terbina sehingga berguna bagi agama, nusa dan bangsa dimasa kini dan ke depan yang lebih baik. (MC.Badai)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *